Jasa Webometrics Sumatera Utara – Teknik Jitu Untuk Tingkatkan Ranking

jasa webometrics sumatera
Jasa Webometrics Sumatera Utara

Jasa Webometrics Sumatera Utara - Medan dan sekitarnya. Webometrics saat ini sedang menjadi tren pemeringkatan di kalangan Universitas di Indonesia. Banyak Universitas di Indonesia yang bersaing dan saling berupaya untuk meningkatkan Peringkat Universitas di Webometrics.

Khususnya untuk Sumatera Utara, bagi Civitas Akademika yang ingin Universitas atau Kampusnya masuk di 100 Besar Indonesia atau bahkan ingin meningkatkan ke peringkat lebih baik lagi, silahkan langsung hubungi kami dengan cara klik tombol whatsapp yang sudah tersedia dibagian bawah artikel ini. Kami akan berikan penawaran terbaik dan dapatkan analitik gratis dari kami.

Apa itu Webometrics?

“Webometrics Ranking of World Universities” adalah inisiatif dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian yang merupakan bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), lembaga penelitian publik terbesar di Spanyol.

CSIC merupakan salah satu organisasi penelitian dasar pertama di Eropa. Pada tahun 2006, CSIC terdiri dari 126 pusat dan institut yang tersebar di seluruh Spanyol.

CSIC tergabung dalam Kementerian Pendidikan dan tujuan utamanya adalah mempromosikan penelitian ilmiah untuk meningkatkan kemajuan tingkat ilmiah dan teknologi di negara tersebut yang akan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan warganya.

CSIC juga memainkan peran penting dalam pembentukan peneliti dan teknisi baru dalam berbagai aspek ilmu dan teknologi.

Organisasi ini bekerja sama dengan institusi-institusi lain dalam sistem R&D Spanyol (universitas, pemerintah otonom, organisme penelitian publik dan swasta lainnya) serta dengan lembaga sosial, ekonomi, nasional, atau luar negeri yang berkontribusi dengan kapasitas penelitiannya dan sumber daya manusia dan materi dalam pengembangan proyek penelitian atau dalam bentuk konsultasi dan dukungan ilmiah dan teknis. CSIC didirikan pada tahun 1939 dari badan sebelumnya, Junta para la Ampliación de Estudios e Investigaciones Científicas, yang dibentuk pada tahun 1907 di bawah pimpinan Prof. Ramón y Cajal, pemenang Nobel asal Spanyol.

Laboratorium ini terletak di Centro de Ciencias Humanas y Sociales (CCHS). Pusat ini didirikan pada tahun 2007 dan berasal dari penggabungan beberapa pusat dan institut yang berdedikasi pada ilmu sosial dan humaniora yang merupakan bagian dari CSIC dan berlokasi di Madrid.

Cybermetrics Lab, sebagai bagian dari CSIC, berdedikasi pada analisis kuantitatif tentang internet dan konten web, terutama yang terkait dengan proses pembuatan dan komunikasi ilmiah pengetahuan ilmiah. Ini adalah disiplin baru yang sedang berkembang yang disebut Cybermetrics atau Webometrics.

Laboratorium Cybermetrics menggunakan metode kuantitatif untuk merancang dan menerapkan indikator yang memungkinkan kita mengukur aktivitas ilmiah di Web. Indikator kibermetrik ini berguna untuk mengevaluasi ilmu dan teknologi, dan mereka merupakan pelengkap yang sempurna untuk hasil yang diperoleh dengan metode bibliometrik dalam studi sientometrik.

Bidang penelitian spesifik mencakup :

  1. Pengembangan indikator Web yang dapat diterapkan di bidang R&D Spanyol, Eropa, Amerika Latin, dan dunia.
  2. Studi kuantitatif tentang komunikasi ilmiah melalui jurnal elektronik dan repositori, serta dampak dari inisiatif Open Access.
  3. Pengembangan indikator tentang sumber daya dalam Masyarakat Informasi.
  4. Visualisasi indikator dan jaringan sosial di Web dengan antarmuka grafis yang ramah, dinamis, dan interaktif.
  5. Perancangan dan evaluasi teknik analisis dokumen sumber daya Web.
  6. Studi genre yang diterapkan pada aktivitas ilmiah di Web.
  7. Pengembangan teknik cybermetrics yang diterapkan berdasarkan penempatan pada mesin pencari domain Web.
  8. Analisis penggunaan informasi melalui penambangan data Web dari file log.

Baca Juga : Apa itu Webometrics dan Kenali Metodologi Pemeringkatannya

Metodologi Webometrics

  1. Peringkat Web bukanlah peringkat dari situs web Universitas, tetapi peringkat dari Universitas. Ini menggunakan indikator webometrik (semua misi) dan bibliometrik (misi penelitian).
  2. Tujuan utama Peringkat Web adalah untuk mempromosikan Akses Terbuka terhadap pengetahuan yang dihasilkan oleh Universitas. Strategi terbaik untuk meningkatkan peringkat Anda adalah dengan meningkatkan jumlah dan kualitas konten web Anda.
  3. Peringkat Web dimulai pada tahun 2004 (sekarang ini adalah tahun ke-20 dari publikasi) dengan tujuan untuk memberikan cakupan penuh terhadap Institusi Pendidikan Tinggi di seluruh dunia, tanpa memandang negara atau disiplin yang terlibat. Saat ini kami memberi peringkat pada 31.000 institusi pendidikan tinggi dari lebih dari 200 negara.
  4. Editor Peringkat Web adalah ilmuwan yang bekerja di lembaga penelitian publik kelas dunia dengan pengalaman panjang dalam evaluasi berbasis metrik.
  5. Peringkat Web atau Webometrics adalah peringkat akademik terbesar dari Institusi Pendidikan Tinggi yang menawarkan setiap enam bulan sekali latihan ilmiah independen, objektif, gratis, terbuka, dan menyediakan informasi yang dapat diandalkan, multidimensional, terkini, dan berguna tentang kinerja universitas di seluruh dunia.
  6. Ini mengikuti pengenalan umum tentang metodologi peringkat. Namun, ini adalah proyek penelitian dan kami mengubah metodologi sesuai dengan temuan baru atau ketersediaan sumber daya. Jika Anda menemukan ketidaksesuaian, harap merujuk ke informasi yang paling terbaru yang biasanya termasuk dalam pengantar setiap edisi baru.

Sejarah Webometrics

Cybermetrics Lab telah mengembangkan studi kuantitatif tentang web akademik sejak pertengahan tahun sembilan puluhan. Indikator pertama diperkenalkan selama konferensi EASST/4S di Bielefeld (1996) dan pengumpulan data web dari universitas-universitas Eropa dimulai pada tahun 1999 dengan dukungan dari proyek berbiaya Uni Eropa, EICSTES. Upaya ini merupakan kelanjutan dari penelitian sientometrik kami yang dimulai pada tahun 1994 dan telah disajikan dalam konferensi International Society for Scientometrics and Informetrics (ISSI, 1995-2011) dan International Conferences on Science and Technology Indicators (STI-ENID, 1996-2012), serta diterbitkan dalam jurnal-jurnal berdampak tinggi seperti Journal of Informetrics, Journal of the American Society for Information Science and Technology, Scientometrics, Journal of Information Science, Information Processing & Management, Research Evaluation, dan lainnya.

Pada tahun 1997, kami memulai penerbitan jurnal peer-review akses terbuka yang seluruhnya elektronik, Cybermetrics, yang didedikasikan untuk publikasi makalah terkait webometrics.

Pada tahun 2003, setelah publikasi peringkat terobosan Universitas Jiatong Shanghai, Academic Ranking of World Universities (ARWU), kami memutuskan untuk mengadopsi inovasi utama yang diusulkan oleh Liu dan timnya. Peringkat ini akan dibangun berdasarkan data web yang tersedia secara publik, menggabungkan variabel-variabel tersebut menjadi indikator komposit, dan memiliki cakupan global yang sebenarnya. Edisi pertama diterbitkan pada tahun 2004, dan muncul dua kali setiap tahun sejak 2006.

Tujuan dan Motivasi

Tujuan asli Peringkat ini adalah untuk mempromosikan kehadiran web akademik, mendukung inisiatif Akses Terbuka untuk meningkatkan transfer pengetahuan ilmiah dan budaya yang dihasilkan oleh universitas ke seluruh masyarakat. Untuk mencapai tujuan ini, publikasi peringkat adalah salah satu alat yang paling kuat dan sukses untuk memulai dan mengkonsolidasikan proses perubahan di dunia akademik, meningkatkan keterlibatan para sarjana dan mengembangkan strategi jangka panjang yang sangat dibutuhkan.

Tujuan bukanlah untuk mengevaluasi situs web, desain atau kegunaan situs web, atau popularitas kontennya berdasarkan jumlah kunjungan atau pengunjung. Indikator web dianggap sebagai proksi dalam evaluasi yang benar, komprehensif, dan mendalam tentang kinerja global universitas, dengan mempertimbangkan aktivitas dan hasil serta relevansi dan dampaknya.

Pada akhirnya, peringkat yang dapat diandalkan hanya mungkin tercapai jika kehadiran web adalah cermin yang dapat dipercaya dari universitas. Di dekade kedua abad ke-21, Web merupakan kunci untuk masa depan semua misi universitas, karena sudah menjadi alat komunikasi ilmiah yang paling penting, saluran untuk pembelajaran jarak jauh di luar kampus, forum terbuka untuk keterlibatan komunitas, dan pameran universal untuk menarik bakat, pendanaan, dan sumber daya.

Perhitungan saat ini dari indikator-indikator

Angka yang dipublikasikan adalah PERINGKAT (semakin rendah semakin baik), yang dimaksudkan untuk menunjukkan kinerja individu, tetapi mereka bukan nilai yang digunakan dalam perhitungan. Karena masalah teknis, beberapa perubahan utama (ditandai dengan warna merah) telah dilakukan, sehingga gambar tabel berikut menjelaskan metodologi saat ini :

metodologi penilaian webometric jawa

Jasa Webometrics Medan dari DKreatif SEO

DKreatif adalah startup yang bergerak dibidang Digital Service, seperti SEO, Software Development dan SMM.

Kami telah memiliki pengalaman yang cukup dalam fokus Pemeringkatan Universitas di Webometrics. Sudah banyak klien kami yang akhirnya bisa melakukan Branding untuk institusinya dan juga menjadi pendorong motivasi untuk institusi lain agar memperbaiki kualitasnya.

Capaian dari Klien DKreatif SEO

  1. 2nd Best ASEAN University (Impact Rank)
  2. Universitas Terbaik 1 di Indonesia (Impact Rank)
  3. Universitas Terbaik 1 PTNU se-Indonesia
  4. Universitas Swasta Terbaik 1 di Pulau Sumatera

Kontak Kami

Jadi sekarang Anda tidak perlu bingung untuk melakukan peningkatan Peringkat Universitas di Webometrics, Anda dapat melakukan konsultasi gratis kepada kami dengan klik icon WhatsApp dibawah ini.

jasa webometrics jawa
Chat untuk Konsuktasi Gratis.

Posting Komentar

Klien Kami

Banyak sekali klien kami dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di Indonesia, selain itu banyak juga website Bisnis yang kami kelola untuk optimasi SEO.